Senin, 13 Desember 2010

beberapa hal sebelum membeli kamera


SALAM JEPRETS! :D
Dalam dunia toycam banyak sekali jenis-jenis kamera dan ukuran film yang digunakan. Berdasarkan jenis filmnya, dapat dibagi menjadi tiga yaitu 110mm, 120mm (medium format), dan 135mm. Kamera-kamera yang menggunakan film 110mm diantaranya Baby Holga, Kodak 110,dan yang lain. Hati-hati bila berniat membeli Baby Holga atau kamera lain yang menggunakan film 110mm karena filmnya sudah langka sekali (kalaupun ada belinya di Ebay dan kira-kira 50ribu/roll) dan kalau mau dicuci-scan paling dekat dari indo itu di Singapura. Ngga kebayang kan berapa ongkos dari beli film sampe nyucinya? Hihihihi :P paling cuma bisa buat koleksi aja atau buat nimpuk anjing nakal.
Di indo film 110mm sudah tidak bisa diproses. Untuk film 120mm biasa digunakan pada kamera Holga 120 (baik seri S, N, CFN, GCFN), Diana F+, dan beberapa jenis TLR (Twins Lens Reflex). Sebenarnya film 120mm diciptakan sebagai alternatif penggunaan film 35mm karena film 35mm dulu cukup mahal harganya. Saat ini malah film 120mm yang mahal harganya (sekitar 30rb/roll yang fresh) dan sudah tidak banyak yang menerima pencucian film ini. Buat teman-teman yang mau aman-aman aja atau ngga mau ribet bisa pake kamera yang format filmnya 35mm.
Tips tambahan :
Bila ingin membeli kamera, sesuaikanlah dengan budget kita masing-masing. Tanya-tanya dulu sebelum membeli, surfing di internet buat cari yang murah, beli yang bekas juga ngga masalah selain hemat budget kamera bekas juga tetep asik ko..
 berikut adalah ilustrasi film-film yang dibahas : 
1. Film 110mm dan baby holga

 


2. Film 120mm dan holga 120CFN

3. Film 135mm atau 35mm dan holga 135BC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar