Sabtu, 11 Desember 2010

cara membuat film redscale

Dalam dunia toycam, kita mengenal beberapa jenis film diantaranya negatif film, positif film (film slide), infra red film, dan redscale film. Redscale adalah film dengan efek kemerahan-jingga (tergantung dari jenis filmnya). Redscale film ini sendiri cukup jarang dipasaran nasional karena harganya yang cukup mahal (produksi lomography). Hal ini dapat direkayasa dengan membuatnya sendiri. pembuatannya cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Siapkan sebuah negatif film 35mm baru dan sebuah canister (tabung kosong) negatif kosong atau bekas. Untuk canister bekas bisa diminta dari toko-toko foto dan biasanya gratis.



2. Gunting lidah film baru.



3. Tempel keduanya (lihat baik-baik posisinya), gunakan isolasi kertas saja (berdasarkan pengalaman saya karena biasanya tempat proses menolak apabila menggunakan isolasi hitam atau plastik).




4. Gulung kearah canister menggunakan gunting hingga 'mentok'. Pada saat penggulungan tidak boleh ada cahaya yang masuk karena bisa mengakibatkan filmnya leak atau terbakar. sebaiknya dilakukan saat malam hari atau menggunakan changing bag.



5. potong dan sisakan sedikit untuk membuat pola lidah baru.



P.s :
- Pada saat pencucian bilang sama mba ato masnya di toko,filmnya sengaja dibalik terus ngga usah ada koreksi warna, hasil scan film akan terbalik jadi nanti hasil scannya di flip aja pake sotosop 
- foto-foto diatas merupakan ilustrasi saja 
- untuk mendapatkan foto terbaik banyak faktornya (cahaya, objek,prosesing,dan faktor X a.k.a keberuntungan)
- tiap jenis film menghasilkan efek redscale yang berbeda-beda
- :D selamat mencoba!!!!

ini beberapa jepretan saya sendiri dengan film redscale >>
  • Jiwa Seraya Building-Kota Lama Semarang
 
  • Pedicab Driver- Kota Lama Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar